Apa Itu Pertambangan Bitcoin (Mining) ?

Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining) adalah salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita dapat melihat Bitcoin sebagai suatu sistem kas global yang besar yang menyimpan sejarah transaksi (atau ‘pergerakan uang’) dari satu orang ke orang lainnya. Ketika transaksi Bitcoin diproses di jaringan Bitcoin -- artinya Bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lainnya -- seseorang perlu memastikan bahwa semua transaksi telah direkam dengan benar dan sistem kas telah tersinkronisasi di seluruh dunia.

Dalam hal Bitcoin, proses ini bukan dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, namun oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Komputer ini dikenal sebagai miners atau ‘penambang’. Secara sederhana, mereka adalah ‘komputer yang memproses transaksi’.

Penambangan Bitcoin merupakan proses yang relatif mudah. Jika Anda tidak ingin menyelidiki secara rinci atau mempelajari cara mengoptimalkan perangkat keras pertambangan bitcoin, Anda dapat dengan mudah mengunduh perangkat lunak penambangan bitcoin, mulailah di komputer Anda, dan Anda sudah menambang bitcoin. Anda bahkan bisa mulai menambang beberapa Satoshi sebelum menyelesaikan bacaan ini.

Hal Penting Yang Harus Diketahui Penambang Bitcoin 

Perhatian utama untuk penambang bitcoin adalah konsumsi energi dan hash rate, di mana keduanya memainkan peranan penting dalam profitabilitas penambangan bitcoin. Jika Anda mampu menyeimbangkan keduanya sehingga biaya energi Anda tidak membebani bitcoin yang Anda dapatkan melalui pertambangan maka aktivitas menambang Anda akan berhasil.

Perangkat keras yang digunakan para penambang telah berkembang selama bertahun-tahun mulai dari penggunaan PC bentuk kecil dengan kartu grafis model tertentu, hingga khusus dirancang untuk perlengkapan menambang bitcoin demi hash rate dan efisiensi energi. Yang kemudian dikonfigurasikan secara optimal dan mudah dipasang untuk penambangan bitcoin. Namun, untuk penambang bitcoin pemula, sangat menguntungkan selama bertahun-tahun dengan hanya menjalankan satu atau sekelompok kecil mesin penambangan bitcoin dari rumah Anda, akan tetapi sebagian besar masa itu telah berakhir. Seiring dengan meningkatnya kesulitan menghitung hash pertambangan dan hadiah pertambangan yang telah berkurang, hal tersebut menjadi kurang menguntungkan dan dalam banyak kasus tidak menguntungkan untuk menjalankan perangkat keras pertambangan dari rumah Anda. Biaya energi melumpuhkan para penambang pemula, sementara di negara-negara dengan listrik yang bersubsidi tinggi dapat menikmati keuntungan dan berhasil menjalankan penambangan bitcoin berskala besar. Pastikan untuk menghitung biaya-biaya ini saat Anda menentukan apakah Anda ingin memulai penambangan bitcoin.
 
Perangkat keras untuk Penambangan Bitcoin
 
Mungkin PC Anda sudah memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk menambang bitcoin dan untuk pengaturan PC penambangan bitcoin, Anda harus memiliki yang terbaik, meskipun tidak memiliki kecepatan apapun bila dibandingkan dengan penambang bitcoin yang modern. Sama seperti Intel dan AMD yang membuat prosesor lebih cepat setiap tahun, para penambang bitcoin telah berevolusi dari yang sederhana dengan hanya menggunakan kekuatan kartu grafis menjadi penambang yang meningkatkan beberapa terahash per detik dengan aplikasi khusus terpadu (ASIC) pada saat ini. Jika Anda hanya mencoba menambang bitcoin karena penasaran, maka Anda tidak perlu membeli perangkat keras tambahan. Jika Anda serius, akan ada beberapa investasi awal yang signifikan untuk memulai aktivitas Anda.

Penambang ASIC berkisaran dari harga $200 hingga $1000 atau lebih per unit, dan untuk mencapai sebuah hash rate yang menguntungkan, Anda perlu berinvestasi di banyak mesin. Seorang penambang ASIC lebih ingin tahu dari yang lain karena pendapatan per bulan dapat berkisar dari 0.2 bitcoin pada titik terendah dan 0.4 bitcoin atau lebih pada titik tertinggi. Di kalkulasi pada kisaran sekitar $35 per bulan hingga $100 per bulan, sebelum perhitungan biaya energi. Jadi, dari beberapa perhitungan awal, Anda bisa melihat bahwa faktor pembatas untuk mendapatkan keuntungan dari penambangan pasti adalah tagihan energi Anda. Pengaturan untuk penambangan bitcoin idealnya akan seperti itu dimana Anda dapat melunasi investasi awal Anda di perangkat keras dan tagihan energi bulanan dalam jumlah waktu yang wajar. Tidak ada yang mau menunggu hingga bertahun-tahun untuk hasil investasi, jadi untuk biaya ini harus dipertimbangkan.

Perangkat keras yang populer untuk pertambangan bitcoin ada beberapa merek. BITMAIN AntMiner sangat populer dimana perangkat keras ini sangat efisien bagi penambang ASIC dan biasanya cepat terjual habis. Mesin AntMiner dapat mengeluarkan lebih dari 12 terahash per detik dengan harga lebih dari $1.500. Avalon juga merupakan penambang populer lainnya, namun rata-rata harganya lebih tinggi. Jika Anda mencari perangkat keras dengan harga yang murah, mungkin perlu waktu untuk bisa membeli perangkat keras bekas. Seperti dijelaskan sebelumnya, profitabilitas telah berkurang dan seiring dengan itu perangkat keras yang berada di atas, harganya akan turun karena kehadiran perangkat keras yang baru serta kurang menguntungkan karena tingginya tingkat kesulitan menambang.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pertambangan Bitcoin (Mining) ?"

Post a Comment